Blog

Karena Kita Berharga di Mata-Nya

“Dunia boleh katakan ku tak berarti

Dunia boleh katakan ku bukan siapa-siapa

Tapi ku hanya dengar apa kata Yesus

Dia katakan ku istimewa

Ku istimewa, kar’na aku milikNya

Ku istimewa, berharga di mataNya

Ku istimewa, Yesus mengasihiku

Dia lahir dalam hati ku dan jadikanku

ISTIMEWA”

            Lantunan lagu Istimewa tersebut mengalun merdu di aula Wisma Berkat Cibodas diiringi dengan gerak tari para siswa – siswi kelas X SMA dan SMK Kristen Kanaan Kemayoran . Dalam rangka mengakrabkan persekutuan Sabat Grow in Faith dengan para siswa yang baru menginjakkan kaki di bangku SMA, maka diselenggarakanlah Persekutuan Dalam Kasih Tuhan; yang pada tahun ini mengusung tema “I’M PRECIOUS” pada Jumat (31/7) hingga Minggu (2/8) yang lalu.

            “Istimewa” itulah juga merupakan kata yang dapat menggambarkan kita di mata Tuhan. Tuhan tak pernah membeda – bedakan setiap orang. Berbagai kepribadian yang berbeda –beda, baik dari rupa yang berbeda, warna kulit, hingga sifat yang tak sama bukan berarti kasih Tuhan kepada umatNya berbeda pula. Seperti yang dikatakan di Kisah Para Rasul 10:34b yaitu “Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang”. Baik orang jahat maupun orang baik, semua mendapat belas kasih serta kasih karunia dari mata Tuhan. Baik orang jahat dan orang baik mendapatkan berkat dari padaNya. Mengapa? Karena kita amat berharga di mataNya. Akan tetapi, keselamatan berbeda dengan berkat Tuhan. Hanya orang – orang yang taat dan percaya padanya yang mendapatkan karunia keselamatan. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam kitab Yohanes 3 :16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan  Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal“. Kasih karunia keselamatan ini harus kita sebarkan pada segala makhluk; seperti yang dinyatakan dalam amanat agung gereja Markus 16 : 15-16 yang berbunyi “Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum“.  Nah, yang menjadi bahan perenungan kita adalah bagaimana caranya agar karunia yang sangat berharga ini sampai kepada segala makhluk? Tentunya dengan cara giat melakukan penginjilan, senantiasa mendoakan agar orang lain juga menerima karunia keselamatan ini. Oleh karena tujuan itulah, Persekutuan Sabbath Grow in Faith SMA Kristen Kanaan Jakarta mengadakan acara Persekutuan Dalam Kasih Tuhan yang pada kali ini bertemakan “I’m Precious“ diadakan.

            Levin, koordinator acara menjelaskan bahwa kegiatan dibuka dengan kata sambutan dari ketua acara, Aria Wijaya dan kata sambutan dari Pdt. Barnabas. Pada hari pertama, peserta diajak untuk mendengarkan sebagian dari Firman Tuhan, bermain games, saat teduh bersama kelompok dan berdoa bersama. Hari kedua, acara I’m Precious ini diisi dengan senam pagi di pagi hari, simulasi acara Grow in Faith, mendengarkan Firman Tuhan, Games pos, renungan malam, video Flashback serta bincang – bincang malam per kelompok. Di hari ketiga, peserta diajak untuk membaca dan merenungkan sebagian dari Firman Tuhan di pagi hari. Setelah itu, seluruh peserta dan panita pergi ke salah satu kawasan wisata disana, Kebun Raya Cibodas. Di kebun raya tersebut, peserta disuguhkan pemandangan alam yang indah nan asri diiringi games pos yang tak kalah menarik. Kemudian, acara ditutup dengan pengumuman pemenang games kelompok yaitu kelompok Amos keluar sebagai juara pertama, disusul dengan Nahum sebagai juara kedua dan Obaja juara ketiga.

            “Tujuan dari kegiatan ini buat memperkenalkan persekutuan Sabbath Grow In Faith kepada anak – anak SMA Kanaan tahun 2015/2016 nih” kata Aria Wijaya selaku ketua acara “I’m Precious”.

            “Awalnya sih takut gitu, takut kalo pembinanya pada galak- galak. Eh, taunya baik banget, mukanya friendly semua, bener- bener ngebantu buat deket sama Tuhan juga“ ujar Vania Muliawan, salah satu siswa kelas  X.1 SMA Kristen Kanaan sambil tersenyum saat ditanya mengenai kesan untuk acara “I’m Precious”.

            “Kesannya seru banget pas gamesnya” sahut Desphin, siswi kelas X.2 SMA Kristen Kanaan. “Acaranya bagus banget untuk kerohanian kita karena bisa membuat kita lebih dekat pada Tuhan dan bisa lebih mengenal Tuhan Yesus, gamesnya juga seru!“ tambah Rashel Rezza yang juga merupakan salah satu peserta acara “I’m Precious“.

            Persekutuan Dalam Kasih Tuhan (PDKT) merupakan salah satu bentuk penginjilan yang dikembangkan dari persekutuan Sabbath Grow in Faith. Acara PDKT tahun ini adalah acara yang diselenggarakan ketiga kalinya. Acara pertama bertema “Move On“ tahun 2011/2012 dan acara kedua yang bertema “The Next Step“ tahun ajaran 2013/2014. Kita menyadari bahwa kita amat berharga di mataNya, walaupun tak terhitung berapa kali kita mengecewakan hati Tuhan. Akan tetapi, Tuhan tetap memberikan kita belas kasihanNya dan mengaruniakan keselamatan yang tak ternilai harganya. Sekarang tergantung kita sendiri, apakah kita mau menerima keselamatan yang telah Ia perjuangkan lewat tetesan keringat dan darah? Apakah kita mau membiarkan kasih karunia Tuhan yang telah Ia korbankan di atas kayu salib lewat begitu saja? Atau maukah kita sama – sama memberitakan Injil serta karunia keselamatan ini kepada setiap orang agar setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal? Tuhan  memberkati kita semua. (HF)

            “Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekorpun dari padanya yang dilupakan Allah, bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit
(Lukas 12 :6-7)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.